Bulu Perindu Aura

Jumat, 28 Oktober 2011

Payudara Merah, Pertanda Apakah itu?

Payudara Merah, Pertanda Apakah itu?


Payudara sebagai aset berharga wanita. Namun nyatanya, masih kurang diperhatikan kesehatannya oleh sang pemilik. Sehingga Anda baru merasa khawatir saat payudara terasa nyeri atau mengeluarkan warna kemerahan.

Berikut tiga pertanyaan paling sering diajukan seputar payudara, seperti dilansir Cosmopolitan.

“Sebuah cairan berwarna kuning keluar dari puting payudara. Berbahayakah?”

Tak ada yang perlu dikhawatirkan saat cairan yang keluar berwarna kuning, agak kehijauan atau putih. Umumnya disebabkan oleh bisul yang tidak membahayakan, di mana isi cairan tersebut keluar begitu Anda cubit. Atau disebabkan oleh saluran susu yang terhambat, yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya. 

“Payudara tampak kemerahan. Apa yang terjadi?”

Jika kemerahan tersebut tidak berubah warna dan
bentuk sejak kemunculannya, mungkin itu hanya penyakit kulit yang tidak berbahaya, seperti pembuluh darah yang melebar. Tapi jika kemerahan itu berukuran sebesar rautan pensil, lalu muncul lagi dua atau lebih kemerahan berpinggiran tidak rata, periksakan segera ke dermatologis –kemungkinan itu kanker kulit.

“Setiap seminggu sekali merasakan nyeri yang sangat tajam pada payudara. Mengapa?”

Nyeri yang tajam dan hanya berpusat pada satu titik mungkin saja disebabkan oleh semacam trauma pada payudara. Contohnya, suami meremas payudara terlalu kasar saat bercinta. Seharusnya lambat laun rasa nyeri akan memudar. Jika tidak, periksakan langsung ke dokter –mungkin saja nyeri yang dirasakan berasal dari dada bukan payudara. [okezone.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar